Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak :
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Menyimak :
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Menyimak :
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Membaca dan Mengamati :
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hari-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Simak Ibu Guru membaca cerita di bawah ini :
SIAP-SIAP BELAJAR
Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”? 2. Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”? 3. Apa yang kalian lihat pada gambar di atas? 4. Menurut kalian, apa isi ceritanya?
Dengarkan guru membacakan pertanyaan nomor
1 - 5. Lalu, jawablah.
1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.
Tadi kita sudah belajar Bahasa Indonesia, sekarang kita belajar Seni Rupa yukkk......
BAB/Tema : 1/Seni di Sekitarku
Materi Pembelajaran : Seni di Sekitarku
Capaian Pembelajaran (CP) :
Mengalami :
Siswa mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris.
Siswa mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya. Siswa juga mengenali prosedur dasar dalam berkarya
Menciptakan :
Siswa mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi elemen seni rupa berupa garis bentuk dan warna.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
1. Peserta didik mampu mengasosiasikan definisi “indah” atau “artistik” dari benda-benda di
sekitarnya.
2. Peserta didik mampu mendokumentasikan hasil pengamatannya.
3. Peserta didik percaya diri memilih alat dalam proses berkreasi.
A. Seni Disekitarku
Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!
ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.
Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.
Benda yang bernilai seni.
Benda yang bernilai guna
Seni ada di sekitarmu.
Amati, rasakan dan alami.Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.
Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari
Permen
Lemari Buku
Lapak Penjual Buah
Pemandangan Pancawati Bogor
Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.
Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda
dari kreasi orang lain.
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?
2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!
3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!
4. Benda apa saja yang bernilai seni?
5. Benda apasaja yang bernilai guna?
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar