Rabu, 31 Juli 2019

materi ajar tema diriku sub tema 1 (rabu/31 juli 2019)


BAHAN AJAR
Hari/tanggal     : Rabu/ 31Juli 2019
Kelas               : 1 ( satu )
Tema /Subtema:Diriku / AkudanTemanBaru

Bernyanyi sambil Mengenal Huruf


Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesempatan kaliini media yang akan digunakn yaitu karton dengan berbagai macam huruf.  Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.

Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1.      N-A-M-A  = NAMA (dieja  N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan nama masing-masing siswa. Dalam hal ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh:  NAURA QURRATA AINI
2.      P-A-N-G-G-I-L-A-N =PANGGILAN (dieja  P-A --- PA-  NG  ---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N --- PANGGILAN
Siswa mencari huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3.      N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN  (dieja  N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA, --N----- TEMAN)
Siswa mencari 2 nama teman yang ada di kelas, nama yang dimaksud adalah nama panggilan saja.
Conoh :PUTRI dan NAFIIS

Siswa akan diajak satu persatu ke depan kelas untuk menunjukkan nama kartu yang dimaksd kepada teman-temannya kemudian siswa menuliskan kembali di buku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.

Bermain dan Mengenal Angka



Kartu diambil dari internet dan diprint lalu ditempel dikarton

Media yang digunakan seperti yang tertera diatas dan ditempel dikarton  yang lebih tebal.  Kartu memang biasa juga digunakan siswa pra- sekolah dasar bahkan disekolah dasar khususnya ditingkatan kelas rendah pun  masih digunakan.
Cara belajar dengan kartu angka/ bilangan yaitu :
 1. Guru akan memperkanalkan bagaimana bentuk angka di mulai dari 0,1,2,3,4,5,6,7,8, sampai 9 dengan menunjukkan setiap kartu kepada siswa.
2. Kamudian guru  secara visual akan menuntun siswa menyebutkan satu per satu angka yang telah diperkanalkan.
3.  Guru akan menjelaskan kembali angka-angka tersebut dengan manggil bebarapa siswa untuk mencari angka yang dimaksudkan.
Contoh:
Guru menanyakan:  Angka delapan ( 8)
Siswa menunjukkan : kartu dengan tulisan angka 8

5. Lalu, guru menulikan menuliskan angka dengan diberi kotak  tetapi ada salah satu kotaknya yang masih kosong  dipapan tulis, dan siswa akan  menulis kembali di buku tulisnya.
Contoh: 0, 1, 2, 3,….., 5, 6,7,8,9,10
Jawaban:  4

Keterampilan yang dipelajari yaitu dapat mendukung aktifitas matematikanya  seperti :

  • pengenalan angka
  • menghitung,
  • mengurutkan angka.

Hal ini dikarenakan angka selalu ditulis dalam penulisan nomor dalam laitahan –latihan berikutnya.

Contoh latihan yang dipelajari

Isilah titik-titik dibawah ini!
1. 0,1, 2, (….), 4,5,6,7,8,9,10

2. 0,1,2,3,4,5,6,(…..),8,9,10

3. 0, (….),2,3,4,5,6,7,8,9,10

4. (….),1,2,3,4,5,6,7,8,910

5. 0,1,2,3,4,5,6,7,8 (…..), 10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2024

Hari/Tanggal : Jum'at/ 22 November 2024 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        Fase/Kelas : A/1        ...