BAHAN
AJAR
Hari/tanggal : Rabu/ 31Juli 2019
Kelas : 1 ( satu )
Tema
/Subtema:Diriku /
AkudanTemanBaru
Bernyanyi sambil Mengenal Huruf
Kartu huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan
suatu media baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Dalam kesempatan kaliini media yang
akan digunakn yaitu karton dengan berbagai macam huruf. Potongan-potongan kartu huruf tersebut dapat
dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata, kata maupun kalimat.
Contoh yang akan dipelajari yaitu:
1. N-A-M-A
= NAMA (dieja N- A – NA , ---- M- A—MA)
Siswa mencari huruf sesuai dengan nama
masing-masing siswa. Dalam hal ini dituntuunjuk membuat nama lengkap
Contoh: NAURA QURRATA AINI
2.
P-A-N-G-G-I-L-A-N =PANGGILAN (dieja P-A --- PA- NG
---PANG, --G-I—GI, L--- GIL, PANGGIL—A-N --- PANGGILAN
Siswa mencari
huruf sesuai denan mama panggilannya.
Contoh: NAURA
3. N-A-M-A—T-E-M-A-N= NAMA TEMAN (dieja N-A—NA, -- M-A-MA--- NAMA, T-E----TE, M-A—MA,
--N----- TEMAN)
Siswa mencari
2 nama teman yang ada di kelas, nama yang dimaksud adalah nama panggilan saja.
Conoh :PUTRI dan NAFIIS
Siswa akan diajak satu persatu ke depan
kelas untuk menunjukkan nama kartu yang dimaksd kepada teman-temannya kemudian siswa
menuliskan kembali di buku terkait huruf yang ditunjukkannya. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak dan sangat mudah
digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf juga melatih
kreatif siswa dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.
Bermain dan Mengenal Angka
Media yang digunakan seperti yang tertera diatas dan ditempel dikarton
yang lebih tebal. Kartu memang biasa juga digunakan siswa pra- sekolah
dasar bahkan disekolah dasar khususnya ditingkatan kelas rendah pun masih
digunakan.
Cara belajar dengan kartu angka/ bilangan yaitu :
1. Guru akan memperkanalkan bagaimana bentuk angka di mulai dari
0,1,2,3,4,5,6,7,8, sampai 9 dengan menunjukkan setiap kartu kepada siswa.
2. Kamudian guru secara visual akan menuntun siswa menyebutkan satu per
satu angka yang telah diperkanalkan.
3. Guru akan menjelaskan kembali angka-angka tersebut dengan manggil
bebarapa siswa untuk mencari angka yang dimaksudkan.
Contoh:
Guru menanyakan: Angka delapan ( 8)
Siswa menunjukkan : kartu dengan tulisan angka 8
5. Lalu, guru menulikan menuliskan angka dengan diberi kotak tetapi ada
salah satu kotaknya yang masih kosong dipapan tulis, dan siswa akan
menulis kembali di buku tulisnya.
Contoh: 0, 1, 2, 3,….., 5, 6,7,8,9,10
Jawaban: 4
Keterampilan yang dipelajari yaitu dapat mendukung aktifitas
matematikanya seperti :
- pengenalan
angka
- menghitung,
- mengurutkan
angka.
Hal ini dikarenakan angka selalu ditulis dalam penulisan nomor dalam laitahan
–latihan berikutnya.
Contoh latihan yang dipelajari
Isilah titik-titik dibawah ini!
1. 0,1, 2, (….), 4,5,6,7,8,9,10
2. 0,1,2,3,4,5,6,(…..),8,9,10
3. 0, (….),2,3,4,5,6,7,8,9,10
4. (….),1,2,3,4,5,6,7,8,910
5. 0,1,2,3,4,5,6,7,8 (…..), 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar