Senin, 01 Desember 2025

Senin, 1 Desember 2025

 


📚 Persiapan Sumatif Akhir Semester

Bahasa Indonesia Kelas 3 SD - Kurikulum Merdeka

BAB 1Permainan Tradisional

1Jenis Permainan Tradisional

🪁

Permainan tradisional adalah permainan yang diwariskan dari nenek moyang

🏃 Permainan Kelompok

  • Petak umpet
  • Gobak sodor
  • Benteng-bentengan
  • Tarik tambang

👤 Permainan Individual

  • Layangan
  • Congklak
  • Egrang
  • Gasing

2Penggunaan Huruf Kapital

Huruf kapital digunakan untuk:
  1. Awal kalimat
  2. Nama orang: Budi, Siti, Ahmad
  3. Nama tempat: Jakarta, Indonesia, Bandung
  4. Nama hari/bulan: Senin, Januari
  5. Kata sapaan: Ibu, Bapak, Pak
  6. Nama permainan: Gobak Sodor, Petak Umpet
❌ Salah: aku bermain gobak sodor di jakarta.
✅ Benar: Aku bermain Gobak Sodor di Jakarta.

3Kosakata Permainan

KataArtinya
Ancang-ancangPersiapan sebelum melakukan sesuatu
FokusMemusatkan perhatian pada satu hal
StrategiCara atau rencana untuk menang
LincahGesit dan cepat bergerak
KompakBekerja sama dengan baik
TangkasCekatan dan terampil

4Tokoh dan Informasi Cerita

Unsur-unsur dalam cerita:
  • Tokoh: Siapa yang ada dalam cerita (nama orang)
  • Latar tempat: Di mana cerita terjadi
  • Latar waktu: Kapan cerita terjadi
  • Peristiwa: Apa yang terjadi
Contoh Cerita Pendek:
"Budi dan Ani bermain Petak Umpet di halaman sekolah saat jam istirahat. Budi bersembunyi di belakang pohon mangga."

• Tokoh: Budi dan Ani
• Tempat: Halaman sekolah
• Waktu: Jam istirahat
• Peristiwa: Bermain Petak Umpet

5Tanda Baca

❗ Tanda Seru (!)

Untuk kalimat perintah atau seruan

Contoh:
• Ayo bermain!
• Awas, ada lubang!

❓ Tanda Tanya (?)

Untuk kalimat pertanyaan

Contoh:
• Mau ikut bermain?
• Siapa pemenangnya?

⚫ Titik (.)

Untuk akhir kalimat berita

Contoh:
• Aku suka bermain.
• Mereka sangat gembira.

📍 Koma (,)

Untuk pemisah dalam kalimat

Contoh:
• Budi, Ani, dan Siti bermain.
• Kemarin, kami bermain bola.

6Cara Menggunakan KBBI

📖

KBBI = Kamus Besar Bahasa Indonesia

Digunakan untuk mencari arti kata

Langkah-langkah menggunakan KBBI:
  1. Cari kata berdasarkan huruf awal (urutan A-Z)
  2. Lihat huruf kedua, ketiga, dan seterusnya
  3. Baca arti kata yang tertulis
Contoh:
Mencari kata "fokus"
1. Buka halaman huruf F
2. Cari kata yang dimulai dengan fo
3. Temukan kata fokus
4. Baca artinya: memusatkan perhatian pada satu hal

BAB 2Kerja Sama dengan Teman

1Kalimat Berstruktur SPOK

📝

SPOK = Subjek, Predikat, Objek, Keterangan

UnsurArtinyaContoh
S (Subjek)Pelaku/yang melakukanBudi, Aku, Mereka
P (Predikat)Pekerjaan/kegiatanbermain, membaca, menulis
O (Objek)Yang dikenai pekerjaanbola, buku, surat
K (Keterangan)Tempat/waktu/caradi lapangan, kemarin, dengan senang
Contoh Lengkap:

S: Budi P: bermain O: bola K: di lapangan

S: Kami P: membaca O: buku K: di perpustakaan

S: Ani P: menulis O: surat K: dengan rapi

2Aturan dalam Bermain

Mengapa perlu aturan?
  • Agar permainan tertib dan adil
  • Semua pemain tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
  • Menghindari perselisihan
  • Permainan menjadi menyenangkan
Contoh Aturan Bermain Petak Umpet:
1. Tentukan siapa yang jaga
2. Jaga hitung sampai 10 sambil tutup mata
3. Yang bersembunyi tidak boleh pindah tempat
4. Jaga mencari yang bersembunyi
5. Yang ditemukan menjadi jaga berikutnya

3Kalimat Fakta dan Fiksi

✅ Fakta

Kalimat yang berisi kebenaran dan dapat dibuktikan

Contoh:
• Gobak Sodor dimainkan oleh dua kelompok
• Layangan terbang karena angin
• Jakarta adalah ibu kota Indonesia

📖 Fiksi

Kalimat yang berisi cerita/khayalan, tidak nyata

Contoh:
• Burung bisa berbicara seperti manusia
• Ani terbang dengan sayap
• Budi menjadi raja hutan
Cara Membedakan:
  • Fakta: Bisa dibuktikan, masuk akal, nyata terjadi
  • Fiksi: Khayalan, tidak bisa dibuktikan, cerita karangan

BAB 3Semangat Pantang Menyerah

1Ide Pokok dan Pendukung

💡

Ide Pokok = Gagasan utama dalam paragraf

Ide Pendukung = Kalimat yang menjelaskan ide pokok

Cara mencari ide pokok:
  • Baca seluruh paragraf dengan teliti
  • Cari kalimat yang paling penting
  • Biasanya di awal atau akhir paragraf
  • Kalimat lain menjelaskan kalimat ini
Contoh Paragraf:
"Budi adalah anak yang pantang menyerah. Ia selalu berlatih sepak bola setiap hari. Meskipun sering jatuh, ia tidak pernah menyerah. Akhirnya, Budi menjadi pemain terbaik di sekolahnya."

💡 Ide Pokok: Budi adalah anak yang pantang menyerah
📝 Ide Pendukung:
• Selalu berlatih setiap hari
• Tidak menyerah meskipun jatuh
• Menjadi pemain terbaik

2Struktur Cerita

📚

Setiap cerita punya 3 bagian:

🌅 Awal (Pengenalan)

  • Memperkenalkan tokoh
  • Memperkenalkan tempat
  • Memperkenalkan waktu
  • Keadaan awal cerita

⚡ Tengah (Masalah)

  • Muncul konflik/masalah
  • Tokoh menghadapi tantangan
  • Bagian paling menegangkan
  • Tokoh berusaha mengatasi

🌟 Akhir (Penyelesaian)

  • Masalah terselesaikan
  • Ada solusi
  • Cerita berakhir (bahagia/sedih)
  • Pesan moral cerita
Contoh Singkat:

🌅 Awal: Ani ingin ikut lomba melukis di sekolah.
⚡ Tengah: Lukisan Ani rusak karena terkena air. Ani hampir menyerah.
🌟 Akhir: Ani tidak menyerah. Ia melukis lagi dan memenangkan lomba.

3Tanda Kutip Ganda (" ")

Fungsi tanda kutip ganda:
  • Untuk ucapan atau dialog langsung
  • Menandai kata-kata yang diucapkan seseorang
  • Menunjukkan judul karangan/cerita
Contoh Dialog:
✅ Ibu berkata, "Jangan menyerah, Nak!"
✅ "Aku pasti bisa!" seru Budi dengan semangat.
✅ Guru bertanya, "Siapa yang mau maju?"

Contoh Judul:
✅ Kami membaca cerita "Si Kancil dan Buaya"
✅ Buku favorit saya berjudul "Petualangan di Hutan"
⚠️ Yang Perlu Diingat:
• Tanda kutip ada 2 (dua): di awal dan di akhir
• Tanda baca (!, ?, .) biasanya di dalam tanda kutip
• Huruf pertama dalam kutipan pakai huruf kapital

4Majas Hiperbola

🎭

Majas Hiperbola = Gaya bahasa yang melebih-lebihkan

Ciri-ciri majas hiperbola:
  • Menggunakan kata-kata berlebihan
  • Membuat cerita lebih menarik dan ekspresif
  • Sebenarnya tidak mungkin terjadi secara nyata
  • Untuk menekankan sesuatu
Contoh Hiperbola:
• Suaranya menggelegar sampai ke langit
• Aku menunggu sampai kaki pegal
• Dia berlari secepat kilat
• Perutku lapar sekali
Artinya (Sebenarnya):
• Suaranya sangat keras
• Menunggu sangat lama
• Berlari sangat cepat
• Sangat lapar

BAB 4Profesi di Sekitarku

1Profesi dan Tugasnya

👨‍💼

Profesi = Pekerjaan atau bidang pekerjaan seseorang

ProfesiTugas Utama
👨‍🏫 GuruMengajar siswa, mendidik, membuat rencana pelajaran
👨‍⚕️ DokterMemeriksa pasien, mengobati penyakit, memberikan resep
👮 PolisiMenjaga keamanan, mengatur lalu lintas, menangkap penjahat
🚕 SupirMengemudikan kendaraan, mengangkut penumpang
👩‍🌾 PetaniMenanam padi/sayuran, merawat tanaman, memanen
🎣 NelayanMenangkap ikan di laut, menjual hasil tangkapan
🛒 PedagangMenjual barang, melayani pembeli

2Perbandingan Profesi Sejenis

🎣 Nelayan Tradisional

  • Menggunakan perahu kecil
  • Menangkap ikan dengan jala
  • Di laut dekat pantai
  • Hasil tangkapan sedikit
  • Cara sederhana

🚢 Nelayan Modern

🚢
  • Menggunakan kapal besar
  • Menangkap dengan alat modern
  • Bisa ke laut lebih jauh
  • Hasil tangkapan banyak
  • Lebih canggih

🏪 Pedagang Pasar Tradisional

🏪
  • Tempat terbuka
  • Harga bisa ditawar
  • Barang fresh dari petani
  • Suasana ramai
  • Bayar tunai

🏬 Pedagang Supermarket

🏬
  • Tempat tertutup, ber-AC
  • Harga sudah pasti
  • Barang dikemas rapi
  • Suasana lebih tenang
  • Bisa bayar non-tunai
💡 Kesimpulan:
Profesi yang sama bisa memiliki cara kerja berbeda tergantung alat dan tempat yang digunakan. Yang penting, semua profesi membantu kehidupan kita!

3Kalimat Aktif dan Pasif

✅ Kalimat Aktif

🏃

Subjek melakukan pekerjaan

  • Kata kerja: me-, ber-
  • Fokus pada pelaku
  • Subjek aktif bekerja

✅ Kalimat Pasif

📝

Subjek dikenai pekerjaan

  • Kata kerja: di-, ter-
  • Fokus pada objek
  • Ada kata "oleh"
Kalimat AktifKalimat Pasif
Guru mengajar siswaSiswa diajar oleh guru
Dokter memeriksa pasienPasien diperiksa oleh dokter
Petani menanam padiPadi ditanam oleh petani
Nelayan menangkap ikanIkan ditangkap oleh nelayan
📌 Cara Membedakan:
• Aktif: Lihat kata kerja (me-, ber-) → Subjek melakukan
• Pasif: Lihat kata kerja (di-, ter-) → Subjek dikenai

⭐ Poin-Poin Penting untuk Diingat

  • Huruf kapital: awal kalimat, nama orang, tempat, hari/bulan
  • Tanda baca: ! (seru), ? (tanya), . (titik), , (koma), " " (kutip)
  • KBBI: Cari berdasarkan urutan A-Z
  • SPOK: Subjek - Predikat - Objek - Keterangan
  • Fakta: Benar dan bisa dibuktikan | Fiksi: Khayalan
  • Ide pokok: Gagasan utama | Ide pendukung: Penjelasan
  • Struktur cerita: Awal (pengenalan) - Tengah (masalah) - Akhir (solusi)
  • Majas hiperbola: Melebih-lebihkan untuk menarik perhatian
  • Kalimat aktif: me-, ber- | Pasif: di-, ter-


SOAL LATIHAN SUMATIF AKHIR SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS 3


A. PILIHAN GANDA (35 SOAL)

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-5!

Bermain Gobak Sodor di Halaman Sekolah

Hari Minggu pagi, Andi dan teman-temannya berkumpul di halaman sekolah. Mereka sepakat untuk bermain gobak sodor. "Ayo kita bagi menjadi dua tim!" seru Budi dengan semangat. Tim pertama terdiri dari Andi, Siti, dan Roni. Sedangkan tim kedua beranggotakan Budi, Dina, dan Fajar.

Sebelum bermain, mereka membuat garis-garis di tanah menggunakan kapur. Gobak sodor adalah permainan tradisional yang membutuhkan kecepatan dan strategi. Pemain harus fokus agar tidak tertangkap oleh lawan. Mereka juga harus melakukan ancang-ancang sebelum berlari melewati garis pertahanan lawan.

Permainan dimulai dengan hompimpa untuk menentukan tim mana yang jaga lebih dulu. "Hompimpa alaihum gambreng!" teriak mereka bersama-sama. Akhirnya tim Budi yang kalah dan harus menjaga. Semua anak bermain dengan sportif dan gembira. Meskipun ada yang kalah, tidak ada yang marah atau sedih.

1. Siapa saja yang menjadi anggota tim pertama dalam permainan gobak sodor?

A. Budi, Dina, dan Fajar

B. Andi, Siti, dan Roni

C. Andi, Budi, dan Siti

D. Roni, Fajar, dan Dina


2. Apa yang dilakukan anak-anak sebelum memulai permainan gobak sodor?

A. Membeli peralatan di toko

B. Membuat garis-garis di tanah menggunakan kapur

C. Bermain permainan lain terlebih dahulu

D. Pulang ke rumah untuk istirahat


3. Kata "fokus" dalam teks di atas memiliki arti....

A. bermain dengan sembarangan

B. tidak memperhatikan permainan

C. memusatkan perhatian dengan baik

D. berlari sangat cepat tanpa henti


4. Berdasarkan teks, sikap yang ditunjukkan oleh anak-anak saat bermain adalah....

A. marah ketika kalah

B. bermain dengan sportif dan gembira

C. saling menyalahkan satu sama lain

D. tidak mau mengikuti aturan permainan


5. Kalimat yang menggunakan tanda seru pada teks di atas berfungsi untuk....

A. menunjukkan kalimat tanya

B. mengakhiri cerita

C. menunjukkan perasaan semangat atau antusias

D. memberikan perintah yang keras


6. Perhatikan penulisan nama permainan berikut!

  1. Petak Umpet
  2. congklak
  3. Lompat tali
  4. ENGKLEK

Penulisan nama permainan yang benar sesuai kaidah penggunaan huruf kapital adalah....

A. nomor 1 dan 3

B. nomor 2 dan 4

C. nomor 1 dan 2

D. nomor 3 dan 4


7. Kata "ancang-ancang" dalam kalimat "Pelari melakukan ancang-ancang sebelum melompat" berarti....

A. istirahat sejenak sebelum melanjutkan

B. gerakan awalan atau persiapan sebelum melakukan sesuatu

C. berhenti dan tidak melanjutkan lomba

D. berlari mundur ke belakang


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8-12!

Belajar Bekerja Sama

Pada hari Selasa, Bu Ani memberikan tugas kelompok kepada siswa kelas 3. Setiap kelompok harus membuat poster tentang permainan tradisional Indonesia. Kelompok Dina terdiri dari empat orang, yaitu Dina, Rian, Sari, dan Bayu.

Mereka mulai berdiskusi untuk membagi tugas. Dina akan mencari informasi tentang permainan tradisional di perpustakaan. Rian bertugas menggambar ilustrasi permainan. Sari akan menulis penjelasan tentang cara bermain. Sedangkan Bayu bertugas mewarnai gambar dan menghias poster.

"Kita harus bekerja sama dengan baik agar poster kita bagus," kata Dina kepada teman-temannya. Mereka semua setuju dan bekerja dengan semangat. Dalam bekerja kelompok, ada aturan yang harus dipatuhi. Setiap anggota harus menghargai pendapat orang lain, tidak boleh mengerjakan tugas sendirian, dan harus bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing.

Setelah tiga hari bekerja keras, poster kelompok Dina akhirnya selesai. Hasilnya sangat memuaskan. Bu Ani memberikan pujian kepada kelompok Dina karena mereka telah bekerja sama dengan sangat baik.

8. Perhatikan kalimat: "Dina akan mencari informasi tentang permainan tradisional di perpustakaan."

Struktur kalimat tersebut adalah....

A. S: Dina, P: akan mencari, O: informasi tentang permainan tradisional, K: di perpustakaan

B. S: informasi, P: mencari, O: Dina, K: di perpustakaan

C. S: perpustakaan, P: mencari, O: informasi, K: Dina

D. S: akan mencari, P: Dina, O: informasi, K: di perpustakaan


9. Aturan penting dalam bekerja kelompok berdasarkan teks di atas adalah, KECUALI....

A. menghargai pendapat orang lain

B. mengerjakan semua tugas sendirian tanpa bantuan

C. tidak boleh mengerjakan tugas sendirian

D. bertanggung jawab dengan tugas masing-masing


10. Manakah kalimat berikut yang termasuk kalimat FAKTA?

A. Poster kelompok Dina adalah yang terindah di dunia

B. Setiap kelompok harus membuat poster tentang permainan tradisional

C. Dina adalah anak paling pintar di seluruh Indonesia

D. Bekerja kelompok adalah hal yang paling menyenangkan di dunia


11. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat SPOK yang benar!

kelompok - Rian - gambar - untuk - menggambar - posternya

A. Rian menggambar gambar untuk posternya kelompok.

B. Menggambar Rian gambar untuk kelompok posternya.

C. Rian menggambar gambar untuk poster kelompoknya.

D. Gambar Rian menggambar untuk poster kelompok.


12. Ide pokok paragraf ketiga pada teks di atas adalah....

A. Bu Ani memberikan pujian

B. Poster selesai dibuat dalam tiga hari

C. Pentingnya aturan dan kerja sama dalam kelompok

D. Dina berbicara kepada teman-temannya


Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 13-18!

Semangat Rudi Belajar Bersepeda

Rudi adalah anak kelas 3 SD yang belum bisa naik sepeda. Setiap hari ia melihat teman-temannya bersepeda dengan ceria di sekitar kompleks. Rudi merasa iri dan ingin bisa seperti mereka.

Suatu hari, Ayah Rudi berkata, "Rudi, Ayah akan mengajarimu naik sepeda. Tapi kamu harus bersabar dan tidak mudah menyerah, ya!" Rudi mengangguk dengan semangat. Keesokan harinya, mereka mulai berlatih di halaman rumah.

Hari pertama, Rudi jatuh berkali-kali. Lututnya lecet dan tangannya tergores. "Ayah, aku tidak bisa! Terlalu sulit!" keluh Rudi sambil menahan air mata. Ayah mengusap kepala Rudi dengan lembut dan berkata, "Tidak apa-apa jatuh, Nak. Yang penting kamu mau bangkit dan mencoba lagi. Ayah percaya kamu pasti bisa."

Mendengar kata-kata Ayah, Rudi bangkit kembali. Ia mencoba lagi dan lagi tanpa menyerah. Hari kedua, Rudi masih sering jatuh tetapi sudah lebih baik. Hari ketiga, Rudi mulai bisa mengayuh sepeda beberapa meter. Hari keempat, Rudi sudah bisa bersepeda tanpa bantuan Ayah!

"Terima kasih, Ayah! Aku akhirnya bisa naik sepeda!" seru Rudi dengan wajah penuh kebahagiaan. Ayah tersenyum bangga. Rudi belajar bahwa dengan semangat pantang menyerah dan terus berusaha, tidak ada yang tidak mungkin.

13. Bagian yang menunjukkan awal cerita (pengenalan tokoh dan masalah) adalah....

A. Rudi akhirnya bisa naik sepeda

B. Rudi adalah anak kelas 3 SD yang belum bisa naik sepeda

C. Ayah tersenyum bangga kepada Rudi

D. Rudi belajar dengan semangat


14. Masalah utama yang dihadapi Rudi dalam cerita adalah....

A. Rudi tidak memiliki sepeda

B. Rudi belum bisa naik sepeda dan sering jatuh saat belajar

C. Ayah Rudi tidak mau mengajarinya

D. Teman-teman Rudi tidak mau bermain dengannya


15. Bagian yang menunjukkan resolusi atau penyelesaian masalah dalam cerita adalah....

A. Rudi merasa iri melihat temannya

B. Rudi jatuh berkali-kali saat belajar

C. Rudi terus mencoba dan akhirnya bisa naik sepeda tanpa bantuan

D. Ayah mengajari Rudi naik sepeda


16. Pesan moral yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah....

A. lebih baik tidak mencoba daripada jatuh dan terluka

B. dengan semangat pantang menyerah dan terus berusaha, kita bisa mencapai tujuan

C. meminta bantuan orang lain adalah hal yang memalukan

D. bersepeda adalah kegiatan yang berbahaya


17. Kalimat dalam cerita yang menggunakan tanda kutip ganda dengan benar adalah....

A. Ayah berkata Rudi harus bersabar

B. "Ayah, aku tidak bisa! Terlalu sulit!" keluh Rudi

C. Rudi berkata bahwa ia "tidak bisa" naik sepeda

D. Ayah "mengusap" kepala Rudi


18. Kalimat "Lututnya lecet dan tangannya tergores" termasuk ide....

A. ide pokok cerita

B. ide pendukung yang menjelaskan kesulitan Rudi

C. kesimpulan cerita

D. judul cerita


19. Perhatikan kalimat berikut:

"Kakiku rasanya mau copot karena capek berjalan seharian!"

Kalimat di atas menggunakan majas....

A. personifikasi

B. simile

C. hiperbola

D. metafora


20. Berikut ini yang BUKAN termasuk contoh majas hiperbola adalah....

A. Suaranya menggelegar sampai memecahkan gendang telinga

B. Perutku lapar sekali, rasanya bisa makan seekor sapi

C. Bunga mawar di taman itu berwarna merah

D. Tas sekolahku seberat gajah


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21-25!

Profesi Pahlawan di Sekitar Kita

Tahukah kamu bahwa ada banyak pahlawan di sekitar kita? Mereka adalah orang-orang dengan berbagai profesi yang bekerja keras setiap hari untuk membantu kehidupan kita menjadi lebih baik.

Pak Budi adalah seorang dokter di Puskesmas desa. Setiap hari, ia memeriksa kesehatan pasien yang sakit. Ia memberikan obat dan nasihat agar pasien cepat sembuh. "Kesehatan adalah hal yang paling penting," kata Pak Budi sambil tersenyum kepada pasien-pasiennya.

Bu Sari adalah seorang guru di SD Harapan Bangsa. Ia mengajar siswa-siswanya dengan sabar dan penuh kasih sayang. Bu Sari selalu memastikan semua siswanya mengerti pelajaran yang diajarkan. Tugasnya tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik siswa menjadi anak yang baik dan cerdas.

Pak Andi bekerja sebagai petani di sawah yang luas. Setiap pagi, ia pergi ke sawah untuk merawat tanaman padi. Pak Andi menanam padi dengan tekun agar menghasilkan beras yang berkualitas. Berkat kerja keras para petani seperti Pak Andi, kita bisa makan nasi setiap hari.

Ada juga Pak Joko yang berprofesi sebagai pemadam kebakaran. Pekerjaannya sangat berbahaya tetapi mulia. Ia rela mempertaruhkan nyawanya untuk memadamkan api dan menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam kebakaran. Pak Joko dan teman-temannya selalu siap siaga 24 jam.

Semua profesi itu penting dan mulia. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang membuat hidup kita lebih nyaman dan aman.

21. Berdasarkan teks di atas, tugas seorang dokter adalah....

A. mengajar siswa di sekolah dengan sabar

B. memeriksa kesehatan pasien dan memberikan obat

C. merawat tanaman padi di sawah

D. memadamkan api saat terjadi kebakaran


22. Profesi yang bertugas mengajar dan mendidik siswa di sekolah adalah....

A. dokter

B. petani

C. guru

D. pemadam kebakaran


23. Kalimat yang diucapkan Pak Budi "Kesehatan adalah hal yang paling penting" merupakan....

A. kalimat perintah

B. kalimat tanya

C. kalimat langsung yang menggunakan tanda kutip

D. kalimat tidak langsung


24. Ide pokok dari teks di atas adalah....

A. Pak Budi bekerja di Puskesmas

B. Profesi-profesi di sekitar kita adalah pahlawan yang penting

C. Pak Andi adalah seorang petani

D. Pemadam kebakaran bekerja 24 jam


25. Perhatikan dua pernyataan berikut:

  • Pernyataan 1: Pak Andi menanam padi di sawah setiap hari
  • Pernyataan 2: Pak Joko menyelamatkan putri raja dari naga yang jahat

Pernyataan yang merupakan FAKTA adalah....

A. Pernyataan 1

B. Pernyataan 2

C. Kedua pernyataan adalah fakta

D. Kedua pernyataan adalah fiksi


26. Perhatikan gambar berikut!

Persamaan dari kedua gambar di atas adalah....

A. ukuran kapal yang digunakan sama

B. keduanya tidak bekerja di laut

C. sama-sama mencari ikan di laut untuk dijual

D. keduanya menggunakan teknologi modern


27. Perbedaan antara pedagang di pasar tradisional dengan pedagang di supermarket adalah....

A. sama-sama tidak melayani pembeli

B. pedagang pasar menggunakan sistem tawar-menawar, pedagang supermarket harga sudah tetap

C. keduanya tidak menjual barang

D. tidak ada perbedaan sama sekali


28. Perhatikan kalimat berikut:

"Petani menanam padi di sawah."

Bentuk kalimat pasif yang tepat adalah....

A. Padi ditanam oleh petani di sawah

B. Petani ditanam padi di sawah

C. Menanam padi oleh petani di sawah

D. Di sawah petani menanam padi


29. Kalimat aktif dari "Buku dibaca oleh Rina di perpustakaan" adalah....

A. Rina membaca buku di perpustakaan

B. Buku membaca Rina di perpustakaan

C. Di perpustakaan buku dibaca Rina

D. Membaca buku Rina di perpustakaan


30. Perhatikan kalimat berikut!

"Hari minggu, saya pergi ke taman mini indonesia indah bersama keluarga."

Perbaikan penulisan huruf kapital yang benar adalah....

A. hari minggu, saya pergi ke Taman Mini Indonesia Indah bersama keluarga.

B. Hari Minggu, saya pergi ke Taman Mini Indonesia Indah bersama keluarga.

C. Hari minggu, saya pergi ke taman mini indonesia indah bersama keluarga.

D. HARI MINGGU, SAYA PERGI KE TAMAN MINI INDONESIA INDAH BERSAMA KELUARGA.


31. Kalimat yang menggunakan tanda baca koma dengan benar adalah....

A. Ibu membeli sayur tomat wortel dan kentang di pasar.

B. Ibu, membeli, sayur, tomat, wortel, dan, kentang, di pasar.

C. Ibu membeli sayur, tomat, wortel, dan kentang di pasar.

D. Ibu membeli sayur tomat, wortel, dan kentang, di pasar.


32. BENAR atau SALAH:

"KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kamus yang dapat digunakan untuk mencari arti kata baku dalam bahasa Indonesia."

A. BENAR

B. SALAH

C. Kadang-kadang benar

D. Tidak dapat ditentukan


33. Berikut ini adalah permainan tradisional Indonesia, KECUALI....

A. engklek

B. congklak

C. gobak sodor

D. mobile legends


34. Contoh kalimat tunggal yang benar adalah....

A. Ayah membaca koran dan Ibu memasak di dapur.

B. Adik menangis karena jatuh dari sepeda.

C. Kakak belajar matematika.

D. Kami bermain bola, mereka bermain layang-layang.


35. Perhatikan paragraf berikut!

"Hari ini cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. Anak-anak bermain di taman dengan riang. Semua orang terlihat bahagia."

Kalimat yang merupakan ide pendukung adalah....

A. Hari ini cuaca sangat cerah

B. Matahari bersinar terang

C. Semua kalimat adalah ide pokok

D. Tidak ada ide pendukung


B. ISIAN SINGKAT (10 SOAL)

36. Permainan tradisional yang menggunakan bidak dan papan berlubang disebut _____________.

37. Huruf kapital digunakan pada awal _____________ dan nama _____________.

38. Dalam struktur kalimat SPOK, huruf "O" adalah singkatan dari _____________.

39. Tanda baca yang digunakan untuk menunjukkan kalimat tanya adalah _____________.

40. Ide pokok adalah _____________ dalam sebuah paragraf.

41. Bagian awal cerita biasanya berisi tentang _____________ tokoh dan latar.

42. Tanda kutip ganda ("...") digunakan untuk menuliskan _____________ langsung seseorang.

43. Majas hiperbola adalah gaya bahasa yang menggunakan _____________ yang berlebihan.

44. Profesi orang yang mengajar di sekolah adalah _____________.

45. Kalimat pasif ditandai dengan awalan _____________ atau _____________.


C. ESAI (5 SOAL)

46. Sebutkan 3 contoh permainan tradisional yang kamu ketahui dan jelaskan cara bermain salah satunya! (minimal 3 kalimat)


47. Bacalah paragraf berikut, kemudian tentukan ide pokok dan 2 ide pendukungnya!

"Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu. Bulunya lembut dan bersih. Kucing suka makan ikan. Banyak orang memelihara kucing di rumah."


48. Ubahlah kalimat acak berikut menjadi kalimat SPOK yang benar, kemudian tentukan mana Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangannya!

taman - bunga - memetik - Ani - di


49. Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan tanda kutip ganda yang benar! Ceritakan apa yang dikatakan oleh ibumu pagi ini!


50. Jelaskan perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat fiksi! Berikan masing-masing 1 contoh!


KUNCI JAWABAN

A. PILIHAN GANDA

  1. B
  2. B
  3. C
  4. B
  5. C
  6. A
  7. B
  8. A
  9. B
  10. B
  11. C
  12. C
  13. B
  14. B
  15. C
  16. B
  17. B
  18. B
  19. C
  20. C
  21. B
  22. C
  23. C
  24. B
  25. A
  26. C
  27. B
  28. A
  29. A
  30. B
  31. C
  32. A
  33. D
  34. C
  35. B

B. ISIAN SINGKAT

  1. congklak
  2. kalimat / orang (nama orang/tempat)
  3. Objek
  4. tanda tanya (?)
  5. gagasan utama/pikiran utama
  6. pengenalan
  7. ucapan/perkataan
  8. ungkapan/pernyataan
  9. guru
  10. di- / ter-

C. ESAI

46. Contoh jawaban:

Permainan tradisional yang saya ketahui adalah gobak sodor, congklak, dan engklek.

Saya akan menjelaskan cara bermain engklek.

Engklek dimainkan dengan menggambar kotak-kotak di tanah, kemudian pemain melempar gacuk (pecahan genteng) ke kotak dan melompat dengan satu kaki sambil mengambil gacuk tersebut.


47. Contoh jawaban:

Ide pokok: Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu

Ide pendukung 1: Bulunya lembut dan bersih

Ide pendukung 2: Kucing suka makan ikan / Banyak orang memelihara kucing


48. Contoh jawaban:

Kalimat yang benar: Ani memetik bunga di taman.

S (Subjek): Ani

P (Predikat): memetik

O (Objek): bunga

K (Keterangan): di taman


49. Contoh jawaban:

Ibu berkata, "Ayo bangun, sudah pagi!"

Ibu berkata, "Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah."


50. Contoh jawaban:

Kalimat fakta adalah kalimat yang berisi informasi yang benar-benar terjadi atau dapat dibuktikan kebenarannya.

Kalimat fiksi adalah kalimat yang berisi cerita karangan atau khayalan yang tidak terjadi di dunia nyata.

Contoh fakta: Indonesia memiliki 34 provinsi.

Contoh fiksi: Putri tidur selama 100 tahun karena kutukan penyihir jahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 3 Desember 2025

  🎨 Persiapan Sumatif Akhir Semester Seni Rupa Kelas 3 - Kurikulum Merdeka Bab 1: Garis dan Bentuk 1. Pengertian Garis Apa itu Garis? Garis...