Hari : rabu, 9 agustus 2023
Kelas : 1
Semester : 1
Mapel : MTK dan Seni Musik
Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik dan Matematika.
Seni Musik
CP :
Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.
ATP :
1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama Ayo anak-anak apakah kalian mengetahui tentang musik? Apakah kalian tau tentang lagu daerah?
Kegiatan Belajar 2
Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini? Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?
Nyanyikan lagu tersebut!
1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)
2. Ampar2 pisang (kalimantan)
3. Ayo mama (maluku)
4. Gundul2 pacul (jawa)
5. Yamko (papua)
Pembelajaran Alternatif:
Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak
tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk
digunakan guru adalah sebagai berikut
Guru menunjukkan gambar rumah adat atau pakaian adat dan peserta
didik menyanyikan lagu dari gambar yang ditunjukkan guru.
Media pembelajaran alternatif tersebut di atas memiliki relevansi substansi
yakni memberikan aktivitas belajar bernyanyi dengan tema lagu nasionalk epada peserta didik.
Matematika
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Peserta didik dapat melakukan operaspenjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukkan konsep sama banyak, lebih banyak, dan lebih sedikit dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret.
Membandingkan Banyak Benda
Peserta didik dapat berdiskusi secara berkelompok. Dalam setiap kelompok, peserta didik dapat mengamati gambar di buku siswa tentang kursi dan layang-layang. Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut ini.
Benda apa yang paling banyak?
Benda apa yang paling sedikit?
Apa alasan kalian?
Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar