Rabu, 09 Agustus 2023

Rabu, 9 agustus 2023

Hari : rabu, 9 agustus 2023

Kelas : 1 

Semester : 1

Mapel : MTK dan Seni Musik

Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?           

 Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik dan Matematika.


Seni Musik

CP :

Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

ATP :

1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama Ayo anak-anak apakah kalian mengetahui tentang musik? Apakah kalian tau tentang lagu daerah?

Kegiatan Belajar 2

Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini?          Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?

Nyanyikan lagu tersebut!

1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku) 

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)


Pembelajaran Alternatif:

Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak

tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk

digunakan guru adalah sebagai berikut

Guru menunjukkan gambar rumah adat atau pakaian adat dan peserta

didik menyanyikan lagu dari gambar yang ditunjukkan guru.

Media pembelajaran alternatif tersebut di atas memiliki relevansi substansi

yakni memberikan aktivitas belajar bernyanyi dengan tema lagu nasionalk epada peserta didik.

Matematika 

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Peserta didik dapat melakukan operaspenjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menunjukkan konsep sama banyak, lebih banyak, dan lebih sedikit dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret.

Membandingkan Banyak Benda

Peserta didik dapat berdiskusi secara berkelompok. Dalam setiap kelompok, peserta didik dapat mengamati gambar di buku siswa tentang kursi dan layang-layang. Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut ini.

Benda apa yang paling banyak?

Benda apa yang paling sedikit?

Apa alasan kalian?

Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka

Latihan



PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 19 september 2024

Hari/Tanggal : Kamis/19 September 2024 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        Fase/Kelas : A/1             ...