Kamis, 14 April 2022

Kamis, 14 april 2022

 Kelas/ Semester : 2/ 2

Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.

Subtema 2: Menjaga Keselamatan di Rumah.

Pembelajaran : 2


Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin

 Pada Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Menjaga Keselamatan di Rumah akan mempelajari tentang membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama orang), menemukan penggunaan huruf kapital, menyunting teks pendek, memperbaiki teks pendek hasil menyunting, menjelaskan, mempraktekan, dan memberikan contoh penggunaan gerak mendorong dan menarik dalam bentuk permainan di air dan menceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Udin dan keluarga melakukan kerja bakti di rumah.

Teman-teman Udin juga ikut membantu.

Mereka membersihkan perabot rumah tangga.

Perabot yang bersih akan tahan lama.

Ayo Mengamati
Amati dan bacalah teks percakapan berikut dengan nyaring!
Keluarga Udin
Edo:Ide bagus. Fotonya pasti lebih menarik. Orang juga pasti langsung tahu dengan nama anggota keluargaku.
Udin:Baiklah. Namaku Udin. Kakakku bernama Mutiara. Ibuku bernama Fatima. Ayahku bernama Rahmat
Beni:Kalau begitu, biar aku yang menulisnya. Sebutkan nama-nama anggota keluargamu!
Lani:Udin, Aku punya usul. Bagaimana kalau di bawah setiap foto ini kita tempel namanya.

Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman?
Udin dan teman-teman melihat foto keluarga Udin
Menurutmu, mengapa mereka perlu melakukan itu?
Udin dan teman-teman melakukan hal tersebut agar oarang-orang tahu nama-nama setiap anggota keluarga.

Ayo Membaca
Tentu kamu masih ingat dengan penggunaan huruf kapital, bukan?

Huruf kapital digunakan untuk penulisan setiap awal kata nama orang.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan teliti!
  1. Namaku Udin
  2. Kakakku bernama Mutiara.
  3. Ibuku bernama Fatima.
  4. Ayahku bernama Rahmat

Ayo Berlatih
Kerjakan latihan mengikuti petunjuk berikut!

Lengkapilah kalimat berikut dengan nama anggota keluargamu!(ini hanya sebagai contoh saja silahkan sesuaikan dengan kondisi keluargamu)
  1. Aku bernama Dayu
  2. Ayahku bernama I Nyoman Sukanta
  3. Ibuku bernama Ni Wayan Warti
  4. Kakakku bernama Mahesa Kabinawa
  5. Adikku bernama Isvara Dhana Janitra

Tukarkanlah hasil kerjamu dengan teman!

Periksalah hasil kerja temanmu dengan teliti!

Setelah diperiksa, kembalikan hasil kerja temanmu!

Sekarang, perbaiki kembali hasil kerjamu dengan benar.

Ayo Mengamati
Amati dan bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Aku dan keluarga kerja bakti bersama. Aku juga dibantu oleh teman-teman. Kami membersihkan perabot rumah tangga. Perabot rumah tangga yang bersih menjadi tahan lama.

Udin dan keluarga berbeda jenis kelamin dan usia.

Udin dan teman-teman juga berbeda agama dan suku bangsa.

Walaupun berbeda, mereka tetap kerja bakti bersama.

Sikap mereka merupakan contoh wujud persatuan dalam keberagaman.

Ayo Bercerita
Lakukan kegiatan berikut sesuai petunjuk!
  • Coba ceritakan kegiatan kerja bakti yang pernah kamu lakukan bersama teman!
  • Ceritakan yang berhubungan dengan menjaga agar perabot rumah tangga di rumahmu lebih tahan lama!
  • Ceritakan dengan bahasa yang santun!
Aku dan teman-teman pernah berkunjung ke rumah Lani. Kebetulan saat itu keluarga Lani sedang bekerja bakti membersihkan rumah. Aku dan teman-teman ikut membantu Lani. Aku dan teman-teman membersihkan perabot rumah tangga keluarga Lani. Perabot rumah tangga yang terkena air segera dibersihkan agar tahan lama dan berkarat.

Ayo Mengamati
Amati teks percakapan berikut!
Menjaku
Ayah:Hati-hati ya, Nak! Jangan sampai terjatuh. Kalau terjatuh bisa terluka. Jam dindingnya pun bisa pecah.
Udin:Iya Ayah, saya akan berhati-hati. Pegang mejanya yang kuat ya, Ayah!

Ayah, Udin, dan teman-teman memindahkan meja.

Ada yang menarik, ada juga yang mendorong.

Ayah menarik meja.

Udin dan teman-teman mendorong meja.

Menarik dan mendorong dapat dilakukan dalam kegiatan bermain.

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!
Tarik Menarik
Tahukah kamu cara melakukan kegiatan bermain di atas?

Bacalah cara melakukan kegiatan bermain berikut!

Bermain Menarik Teman
  1. Tentukanlah tempat yang aman untuk bermain.
  2. Kamu dapat bermain di halaman rumah.
  3. Berdirilah berpasangan bersama temanmu!
  4. Angkat kedua tanganmu lurus ke depan!
  5. Pegang tangan temanmu dan mulailah saling tarik-menarik!
  6. Dengarkan aba-aba dari gurumu atau orang dewasa yang ada di dekatmu!
  7. Tarik tangan temanmu dengan sekuat tenagamu!
  8. Siapa yang berhasil manarik teman, dialah pemenangnya.
  9. Lakukan dua kali dengan ganti posisi tempat berdiri!

Bermain Mendorong Teman
  1. Tentukanlah tempat yang aman untuk bermain.
  2. Kamu dapat bermain di halaman rumah.
  3. Berdirilah berpasangan bersama temanmu!
  4. Angkat kedua tanganmu lurus ke depan dengan kedua telapak tangan menghadap ke depan!
  5. Tempelkan kedua telapak tanganmu dengan kedua telapak tangan temanmu!
  6. Dengarkan aba-aba dari gurumu atau orang dewasa yang ada di dekatmu!
  7. Dorong telapak tangan temanmu dengan sekuat tenagamu!
  8. Siapa yang berhasil mendorong teman, dialah pemenangnya.
  9. Lakukan dua kali dengan ganti posisi tempat berdiri.


Tugas

Kerjakanlah Latihan Modul tematikmu Tema 8 Subtema 1 halaman 86 -87. Silahkan isi jawabannya pada link berikut ini:

Silahkan jika sudah selesai dikirim kan melalui wa Bu guru dalam bentuk kolase .
Terimakasih 
Bu guru akhiri Wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2024

Hari/Tanggal : Jum'at/ 22 November 2024 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        Fase/Kelas : A/1        ...