Assalamualaikum semangat pagi anak-anak🤗
Pada Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan mempelajari tentang menyebutkan dan menvatat isi teks pendek yang dibacakan. Melakukan pengamatan sederhana dan mengelompokkan benda tentang keragaman benda di lingkungan sekitar. Mengidentifikasi dan mensimulasikan berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Menjelaskan dan mempraktekkan variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru,
Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir.
- Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat istana pasir? (Pasir dan air)
- Di mana biasanya istana pasir dibuat? (Di pantai)
- Siapa yang biasanya membuat istana pasir? (Anak-anak)
- Mengapa istana pasir biasanya dibuat di pantai (Di pantai tersedia banyak pasir)
- Bagaimana cara membuat tetes istana pasir? (Pasir yang basah ditetesi air)
Pasir dan air.
Di tepi pantai
Anak-anak
Menara
Pasir yang sangat basah diteteskan
1. Nama benda : AirCiri-ciri benda : Air merupakan benda cair, bentuk air menyesuaikan dengan wadahnya. Jika menguap, air menjadi gas dan jika membeku, menjadi es.2. Nama benda : PasirCiri-ciri benda : Pasir merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Warna dan bentuknya tergantung atom silika yang membentuknya.3. Nama benda : EmberCiri-ciri benda : Ember merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Ember terbuat dari berbagai material, seperti besi, aluminium, hingga plastik. Dapat digunakan untuk wadah.4. Nama benda : SekopCiri-ciri benda : Sekop merupakan benda padat, bentuk dan ukurannya bervariasi tergantung kegunaannya. Terbuat dari berbagai material dari besi hingga plastik. Digunakan untuk mengambil sejumlah massa dari dalam tanah.5. Nama benda : KerangCiri-ciri benda : Kerang merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Salah satu hewan yang tinggal di perairan. Kerang memiliki cangkang yang dapat membuka dan menutup.
Setiap benda memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan benda lain.
Beni | : | Dayu, Lani, apa itu sampah kalian yang berserakan? Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan. Apalagi di tempat umum. Buanglah sampah di tempat sampah.” |
Dayu | : | Maaf, Beni. Tetapi itu bukan sampah kami. |
Ibu Guru | : | Benarkah itu, Dayu? Tepat sekali yang disampaikan Beni. Selain itu, apa aturan yang harus dipatuhi di tempat umum, terutama di pantai? |
Beni | : | Tidak boleh mendekati pantai tanpa pengawasan orang dewasa, Bu.. |
Dayu | : | Kalau aturan di rumah bagaimana, Bu? |
Ibu Guru | : | Tetap, kita harus menjaga kebersihan rumah. Sampah dimasukkan ke dalam tong sampah. Di mana pun kita berada, sampah harus dimasukkan ke dalam tong sampah. |
Semua siswa | : | Hore. |
Ibu Guru | : | Bagaimana kalau kita praktikkan membersihkan pantai dan membuang sampah di tempat sampah? Setelah selesai, kita akan bermain domba serigala. |
- Mandi dua kali sehari setelah bangun tidur dan setelah beraktivitas di sore hari.
- Menggosok gigi dua kali sehari.
- Memakai pakaian yang bersih.
- Mencuci tangan sebelum makan.
- Makan makanan yang tidak terbuka.
- Menjaga kebersihan rumah.
- Lakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi serigala, domba dan pagar.
- Pagar membentuk lingkaran untuk melindungi domba.
- Anak-anak yang menjadi pagar berdiri dan saling berpegangan tangan.
- Domba awalnya berada di tengah lingkaran.
- Serigala berupaya mengejar domba, baik dalam lingkaran maupun dalam kandang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar