Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran :5
Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Ayo kita buka pembelajaran hari ini dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya..
Yuk kita simak dan literasi materi hari ini ... .
Pada Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Tugasku Sehari hari di Rumah akan mempelajari tentang memahami gerakan menendang dan menggiring bola. Melakukan gerakan menendang dan menggiring bola. Memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan. Menemukan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan. Menemukan makna kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan. Menyebutkan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah. Menceritakan pengalaman perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Bermain Kucing-kucingan
Pada hari Minggu, Ali bersama teman-temannya bermain bersama.
Mereka bermain kucing-kucingan.
Permainan kucing-kucingan dilakukan oleh beberapa anak.
Permainan kucing-kucingan menggunakan bola sepak.
Ditentukan satu anak berperan sebagai kucing.
Sementara, anak-anak yang lain mengoper bola.
Anak yang berperan sebagai kucing berusaha merebut bola.
Anak-anak lain menggiring bola menghindari si kucing.
Menggiring bola sambil mengoper bola ke teman yang lain.
Jika ada anak yang menyentuh bola itu, ia yang berganti peran sebagai kucing.
Ayo Mengamati
Ayo, cari tahu tentang permainan kucing-kucingan!
Gerakan menendang bola dan menggiring bola
Ayo Mencoba
Lakukan gerakan menendang bola dan menggiring bola!
Lakukan permainan kucing-kucingan bersama teman-temanmu!
Ali dan teman-teman bermain bersama.
Mereka bermain kucing-kucingan.
Permainan kucing-kucingan memerlukan kerja sama.
Mereka saling membantu antarteman.
Mereka tidak pernah bertengkar.
Lengkapilah titik-titik di bawah ini dengan kata yang tersedia!
1. Bermain kucing-kucingan dilakukan dengan … .
kerja sama
2. Ali … bola menghindari teman
menggiting
3. Kita harus … teman yang sedang kesusahan.
membantu
4. Bermain kucing-kucingan menggunakan ...
bola
5. Ali … bola ke arah teman.
menendang
6. Sesama teman dilarang ,,,
bertengkar
Ali, Adi, Bayu, dan Kaka bermain kucing-kucingan.
Mereka semua laki-laki.
Siti, Ayu, Eca, dan Wati bermain bola bekel.
Mereka semua perempuan.
Perhatikan gambar di atas!
Tulislah nama-nama anak berdasarkan jenis kelaminnya!
Anak Laki-laki
Anak Perempuan
1. Ali 2. Adi 3. Bayu 4. Kaka
1. Siti 2. Ayu 3. Eca 4. Wati
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan keluargamu
Diskusikan sikap kamu terhadap teman atau saudara yang berlainan jenis kelamin!
Tulislah hasil diskusimu!
Sikapku terhadap teman yang berlainan jenis kelamin :
Saling menghargai dan menghormati.
Bermain dengan baik dan sopan.
Menolong saudara atau teman yang sedang mengalami kesulitan.
Apakah sikap tersebut sesuai dengan nilai sila kedua Pancasila? Jelaskan!
Menyayangi, menghargai dan menghormari teman dan saudara sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Tugas
Kerjakanlah soal Latihan Tema 3 Subtema 1 Bagian A yang ada pada buku modul tematik. Lalu jawablah pada google form berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar