Rabu, 01 September 2021

Rabu, 1 September 2021

 Assalamualaikum semangat pagi sholeh sholehah 2D🤗

Pada Pembelajaran ini kita akan mempelajari tentang menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dalam teks pendek. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat. Menyatakan kalimat matematika dan menghitung hasil yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian. Mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar dan menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Lomba tenis meja cilik kembali digelar.
Beni mewakili sekolahnya.

Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah dengan cermat!
Bermain Tenis

Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?
Menurutku diatas sedang diadakan lomba tenis meja cilik antar kelas.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut ini dengan cermat! 

Lomba Tenis Meja Cilik
Lomba tenis meja cilik kembali digelar.
Lomba dilakukan antarkelas dua SD sekecamatan.
Beni mewakili sekolahnya.
Lomba dilaksanakan di sekolah Beni.
Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya.
Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani,

Siti, Dayu, dan Mey memberikan dukungan kepada Beni dari tribun.
Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya.
Beni menangkis serangan dari lawan mainnya.
Bola pingpong hampir saja mendarat di bet Beni.

Sementara ini, lawan mainnya sedang
bersiap-siap menangkis balik serangan dari Beni.
Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik oleh lawannya dengan gagah.
Namun, bola pingpong menyangkut di net.
Poin untuk Beni, ia menang.

Apa isi teks bacaan di atas?
Perlombaan Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD sekecamatan.
Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Ternyata tepat
Apakah sesuai dengan yang kamu baca?
Ya, sesuai dengan yang aku baca.
Ayo Berdiskusi
Adakah kata yang belum kamu pahami?
Ada beberapa kata yang belum saya pahami misalnya poin dan cilik.
Jika ada, tuliskan di bawah kata-kata berikut!

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
No.KataMaknanya
1.tribunKawasan duduk
2.betRaket tenis
3.netPembatas meja tenis di tengah
4.cilikKecil
5.poinSkor berupa angka yang diperoleh pemenang

Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!
Percakapan
Beni:Ternyata, pembagian dapat diubah menjadi bentuk perkalian.
Udin:Bagaimana caranya?
Beni:Begini, saat saya memasukkan 6 bola kertas ke dalam 3 kantong plastik, maka, 6 : 3 = 2, terdapat 2 pada setiap kantong plastik. Jika dibalik, sebanyak 3 kantong plastik mendapatkan 2 bola kertas setiap kantong. Kalimat matematikanya menjadi: 2 × 3 = 6. Jadi, 6 : 3 = 2 karena 2 × 3 = 6.

Ayo Berlatih
Sekarang Beni bermain melemparkan batu.
Ia bersama teman-temannya membentuk beberapa kelompok.
Jumlah kelompoknya bermacam-macam.
Berikut banyak batu yang dibutuhkan untuk setiap kelompok.
Bantulah Beni menghitung batu yang dibutuhkan untuk setiap kelompok!

Kerjakan dengan cermat!

Kemudian, ubah ke bentuk perkalian!
1. 8 : 2 = 4 karena 2 × 4 = 8
2. 10 : 2 = 5 karena 2 × 5 = 10
3. 12 : 3 = 4 karena 3 × 4 = 12
4. 14 : 7 = 2 karena 7 × 2 = 14
5. 15 : 5 = 3 karena 5 × 3 = 15

Ayo Berdiskusi
Bagaimanakah cara membuat gambar imajinatif?

Apa saja langkah-langkah yang perlu diperhatikan?

Diskusikan dengan teman sekelompokmu.
No.Langkah-langkah Menggambar Imajinatif
1.Sediakan semua alat gambar yang dibutuhkan
2.Buat garis pinggir pada buku gambar
3.Buat pola gambar karet gelang
4.Arahkan pola gambar karet gelang membentuk vas bunga
5.Warnai pola gambar dengan pensil warna/krayon


Tugas
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! Tulis jawabannya di buku tulismu ya

1. Dari teks “Lomba Tenis Meja Cilik” siapa saja yang memberikan dukungan kepada Beni?

2. Selesai perlombaan, 36 bet tenis dimasukkan ke dalam 9 keranjang dengan jumlah yang sama banyak. Berapakah banyak bet dalam setiap keranjang? 

3. Perhatikan benda-benda berikut!
lemari, batu, susu, kecap, udara, kertas, dan angin

Kelompokkanlah benda-benda tersebut berdasarkan wujudnya!

4. Apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuat gambar imajinatif?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 22 November 2024

Hari/Tanggal : Jum'at/ 22 November 2024 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        Fase/Kelas : A/1        ...