Assalamualaikum semangat pagi🤗
Hari ini kita akan belajar Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5 Bermain di Rumah Teman akan mempelajari tentang mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku. Menjelaskan prosedur dan memprektekkan variasi gerakan menarik tanpa berpindah tempat. Mnyebutkan isi teks pendek yang dibacakan. Mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya di lingkungan. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Beni | : | (mengetuk pintu) “Selamat sore, Bu.” | |
Ibu | : | (membukakan pintu) “Selamat sore juga Beni, silakan masuk.” | |
Beni | : | “Terima kasih, Bu. Udinnya ada, Bu?” | |
Ibu | : | “Ada, Beni. Sebentar ya, Ibu panggilkan. Udin, ini Beni sudah datang.” | |
Udin | : | (Beni datang) “Iya Bu, aku sudah siap. Bagaimana Beni, kita berangkat sekarang?” | |
Beni | : | “Baiklah, ayo!” | |
Beni dan Udin | : | “Ibu, kami berangkat dulu, ya.” | |
Ibu | : | “Beni tidak minum dulu?” | |
Beni | : | “Tidak usah Bu, terima kasih. Edo mungkin sudah menunggu kami. Kami berangkat ya, Bu.” | |
Ibu | : | Iya Nak, hati-hati di perjalanan ya.” | |
Beni dan Udin | : | “Iya, Bu.” (menyalami ibu). |
Isi teks percakapan tersebut adalah beni menjemput Edo sebelum ke rumah Udin
Beni bertamu dengan sopan, mengetuk pintu dan menyapa ibu Edo dengan sopan.
Menurutku Beni anak yang santun dan sopan
Beni dan Udin berpamitan kepada Ibu Udin
- Apa yang sedang mereka lakukan? Mereka sedang bermain tarik-tarikan.
- Siapa saja yang sedang bermain tarik-tarikan? Udin, Beni, Dayu, dan Siti.
- Dimana mereka bermain tarik-tarikan? Mereka bermain tarik-tarikan di halaman rumah.
- Memulai permainan ketika sudah ada aba-aba,
- Jumlah anggota untuk masing-masing kelompok harus sama/berimbang
- Kelompok pemenang adalah yang mampu menarik lawan sampai garis pembatas
Beni dan teman-teman sedang bermain tarik-tarikan.
Saya pernah bermain tarik-tarikan.
Kali ini gurumu akan membimbingmu untuk bermain tarik-tarikan.
Setelah bermain tarik-tarikan, saya merasa sangat senang karena bisa bermain dengan teman-teman
Cara bermain tarik-tarikan adalah dengan membagi 2 kelompok sama banyak, semua anggota saling memegang tangan. Di antara dua kelompok diberi garis pembatas. Kedua kelompok saling menarik ketika aba-aba diberikan. Kelompok pemenang adalah kelompok yang mampu menarik lawan sampai melewati garis pembatas.
Aturan dalam permainan tarik-tarikan antara lain :
Selama bermain tarik-tarikan, pengalamanku yang paling berkesan adalah menarik tali tambang dengan sekuat tenaga. Awalnya aku tidak yakin kalau aku bisa bermain dengan cukup kuat. Tapi ternyata, ketika bermain, aku tahu sekuat apapun tenaga yang kuberikan, tenaga itu akan membantu timku memperoleh kemenangan.
Tidak ada.
Ada banyak benda di sekitar kita. Ada benda padat, benda cair, dan benda gas. Benda tersebut membantu kegiatan kita.. Benda memiliki kegunaan masing-masing.Kehidupan kita akan selalu tergantung dengan benda. Untuk itu, kita perlu menjaga benda-benda di sekitar kita.
No. | Nama Benda | Wujud |
---|---|---|
1. | Sapu | Padat |
2. | Penggaris | Padat |
3. | Lemari | Padat |
4. | Meja | Padat |
5. | Kursi | Padat |
6. | Sirop | Cair |
7. | Udara dalam balon | Gas |
8. | Udara dalam ban sepeda | Gas |
9. | Kopi | Cair |
10. | Susu | Cair |
11. | Minyak | Cait |
12. | Simpai | Padat |
13. | Keranjang buah | Padat |
14. | Tas | Padat |
15. | Sepatu | Padat |
Beni sedang berpamitan keluarga Edo.
Pernah.
Kita berpamitan saat akan bepergian.
Kita harus berpamitan agar orang yang tinggal di rumah mengetahui kemana anak pergi.
Sikap | Sikap yang Menunjukkan Mematuhi Aturan | Sikap yang Tidak Menunjukkan Mematuhi Aturan |
---|---|---|
Menyapa dengan senyum | ||
Pamit ketika hendak pergi | ||
Tidak merapikan peralatan setelah bermain | ||
Bermain sampai larut malam | ||
Duduk dengan sopan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar