MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Rabu, 5 Mei 2021
Kelas : 3
Tema : 8 ( Praja Muda Karana)
Subtema : 4( Aku Suka Berkarya )
Pembelajaran : 3 & 4
Tujuan pembelajaran :
- Menentukan Denah Sekolah
- Menentukan ide Paragraf
- Sikap pancasila
bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah,
Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa
Ayo anak ibu guru, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu siapkan untuk belajar. kemarin kita belajar tentang memahami isi teks tentang teknologi komunikasi, Mengetahui isi teks teknologi komunikasi.
Nah sekarang kita akan belajar untuk Menentukan Denah sekolah, Menentukan ide Paragraf, Sikap pancasila
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.
Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
- Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
- Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
- Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
- Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.
Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan pada saat penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat gembira dan bersemangat.
Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memudahkan melakukan pejalanan penjelajahan. Melalui denah lokasi Udin dan teman-teman dapat mengetahui rute yang harus dilalui.
Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memberikan pengalaman yang menarik.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan.
Membuat gambar atau model denah termasuk kegiatan berkarya. Cobalah membuat gambar dan model denah sekolah!
Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua tempat tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua tempat sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk membuat diagram.
Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
No | Bagian Sekolah | Posisi |
---|---|---|
1 | Ruang kelas 1- 3 | Sebelah utara halaman sekolah |
2 | Perpustakaan | Sebelah barat ruang kelas 1 |
3 | Ruang Guru | Sebelah barat ruang kelas 4 |
4 | Ruang Kepala Sekolah | Sebelah utara ruang guru |
5 | Ruang kelas 4 - 6 | Sebelah selatan halaman sekolah |
6 | Kamar Mandi/WC | Sebelah timur kelas 3 |
7 | Kantin | Sebelah timur halaman sekolah |
8 | Tempat Parkir | Sebelah selatan gudang |
9 | Gudang | Sebelah timur kelas 6 |
10 | UKS | Sebelah selatan kantin |
Gambarkan informasi tersebut dalam bentuk gambar denah sekolah sederhana!
Ada beberapa peraturan yang diterapkan di perpustakaan. Hal ini dilakukan agar ruang perpustakan tetap nyaman dan menyenangkan untuk pengunjungnya. Ada peraturan yang harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Ada pula peraturan yang harus dilakukan oleh pengunjung perpustakaan.
Salah satu peraturan di perpustakaan adalah merapikan ruangan secara rutin. Peraturan itu harus dikerjakan oleh petugas perpustakaan. Saat merapikan ruangan, petugas perpustakaan memperhatikan arah mata angin. Petugas perpustakaan juga berkewajiban melayani pengunjung dengan baik.
Aturan peminjaman buku dilakukan untuk keadilan. Aturan ditetapkan agar semua anggota perpustakaan mendapatkan kesempatan sama dalam meminjam buku. Memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota merupakan sikap adil.
Bersikap adil termasuk pengamalan sila ke kelima Pancasila. Sila kelima berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima Pancasila diberi simbol padi dan kapas. Lambang padi dan kapas menunjukkan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
Kekayaan ini hendaknya dapat dirasakan manfaatnya secara adil untuk seluruh rakyat Indonesia.
LATIHAN
1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar