MATERI AJAR
Hari/Tanggal : selasa, 2 Maret 2021
Kelas : 3
Tema : 7 ( Perkembangan Teknologi)
Subtema : 1 ( Perkembangan Teknologi Pangan )
Pembelajaran : 2 dan 3
Tujuan pembelajaran :
- Memahami isi teks tentang teknologi pangan
- Menghitung luas permukaan suatu bidang
- Menyanyikan lagu "Tukang sayur"
- Memahami bentuk-bentuk keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia 3.6
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng.
Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan
bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam
ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak
Sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat
proses pengolahannya.
Ayo Membaca
Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut.
Bandeng Presto
Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci
presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu
yang akan membuat daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri
ikan pun akan melunak.
Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan
yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu,
ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang dapat di kunci rapat. Lalu,
ikan akan matang secara merata.
Setelah matang, bandeng presto dapat dikemas. Cara mengemas bandeng
presto akan menentukan daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa,
ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, jika dibungkus dengan
menggunakan plastik tahan udara, ikan akan bertahan hingga 3 bulan.
Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)
Ayo Berlatih
Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
Informasi 1 : Bandeng presto dimasak menggunakan panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan membuat daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto menentukan daya tahan ikan.
Ayo Mengamati
Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang.
Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih
senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat
menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.
Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati
buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa
stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel.
Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang
berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.
Ayo Mencoba
Dapatkah kamu
menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari cerita
tersebut?
Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Kebiasaan yang berbeda merupakan bagian dari keberagaman.
Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo datang membawa ragam makanan. Amati makanan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman
Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan. Berikut daftar makanan hasil teknologi pangan berdasarkan gambar di atas!
No | Jenis Makanan |
---|---|
1 | Ayam Goreng |
2 | Sosis |
3 | Manisan Buah-buahan |
4 | Daging Kornet |
5 | Roti Tawar |
6 | Susu Instant |
PKN 3.3
Setiap orang memiliki makanan kesukaan. Kesukaan setiap orang
berbeda-beda. Jika temanmu memiliki kesukaan yang berbeda darimu, apa
yang akan kamu lakukan?
Sikap memahami dan menerima perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai
dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan
Indonesia.
SBDP 3.2
Ayo Bernyanyi
Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak
teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu
baru.
Ayo Berlatih
Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” yang dinyanyikan oleh gurumu.
Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan
sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah
lagu.
Berikut ini lagu Tukang Sayur Karya AT Mahmud
Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan. Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari. Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.
Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda
Matematika 3.8
Ayo Mengamati
Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan
kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya. Tempe yang
dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas
permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi.
Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.
Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga. Amati bentuk di bawah ini!
2 satuan segitiga = 1 satuan persegi
Persegi dan segitiga dapat dijadikan alat ukur luas permukaan suatu bidang
Hasil Teknologi Pangan
Manusia butuh makanan terus-menerus.
Bahan makanan yang diperlukan berasal dari hasil panen. Panen terjadi
pada waktu tertentu saja. Oleh karena itu, dicarilah cara agar makanan
dapat bertahan lebih lama.
Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan.
Teknologi pangan merupakan suatu cara untuk mengolah bahan makanan.
Kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai.
Mangga dan stroberi diolah menjadi manisan dan selai. Daging dapat
diolah menjadi bakso, sosis, dan kornet.
Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru.
Selanjutnya, makanan olahan tersebut disimpan dalam kaleng atau dalam
plastik kedap udara. Kedap udara maksudnya adalah tidak dapat dimasuki
oleh udara. Proses penyimpanannya dapat membuat makanan lebih awet.
Amati kalimat yang berwarna merah pada teks “Hasil Teknologi Pangan”. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama pada setiap paragraf. Kumpulan kalimat utama disebut ringkasan!
Manusia butuh makanan terus-menerus. Agar makanan selalu tersedia,
manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting
untuk menghasilkan jenis makanan baru.
Carilah jenis makanan baru yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
LATIHAN 1
Kelompokkan jenis makanan hasil panen dan makanan hasil teknologi pangan. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
No | Hasil Panen | No | Hasil Teknologi Pangan |
---|---|---|---|
1 | Kacang Kedelai | 1 | .... |
2 | Mangga | 2 | .... |
3 | Daging | 3 | .... |
4 | Stroberi | 4 | .... |
5 | Kacang Kedelai | 5 | .... |
Tuliskan latihan di buku latihan tematikmu, lalu kirimkan hasil tugasmu ke aplikasi WA Ibu guru ya sayang. selanjutnya simak latihan 2 dari Ibu guru yaa
LATIHAN 2
Pelajarai pola irama lagu "Tukang sayur" lalu nyanyikan lagu tersebut dan videokan hasil nyanyianmu. Selanjutnya kirimkan video kreasi lagumu ke aplikasi WA di hari JUMAT tgl 5 februari 2021. Ibu guru ya sayang.
Selamat belajar dan selalu jaga kesehatan ya sayang 😍😍
Tidak ada komentar:
Posting Komentar