MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Selasa, 9 februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 ( Energi dan Perubahannya)
Subtema : 2 ( Perubahan energi)
Pembelajaran : 2
Tujuan pembelajaran :
- Memahami cara menjaga kelestarian energi
- Memahami cara menghitung hari di setiap bulan
Pembelajaran 2
Ayo Mengamati
Energi gerak dibutuhkan saat kita melakukan aktivitas. Energi gerak tubuh berasal dari energi kimia pada makanan. Tubuh yang selalu digerakkan dengan teratur akan terjaga kesehatannya. Senam irama merupakan contoh gerakan tubuh yang menyehatkan. Pada pelajaran lalu, kalian sudah melakukan kombinasi gerak berjalan, menekuk, dan mengayun. Kali ini kalian akan melakukan kombinasi gerak berjalan, meliuk, dan mengayun.
Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.
a. Perubahan energi listrik menjadi energi panas
Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi pada seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.
Lihatlah contoh gambar perubahan energi listrik menjadi energi panas!
b. Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak
Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
c. Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Panas
Contoh perubahan energi kimia menjadi energi panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas.
Dengan energi panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.
d. Perubahan Energi Gerak Menjadi Energi Bunyi
Contoh perubahan energi gerak menjadi energi bunyi dapat kita lihat saat seorang pemain drum memainkan alat musik drumnya. Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.
- Perubahan energi apakah yang terjadi pada tubuh kita, jelaskan! Pada tubuh kita terjadi perubahan energi kimia menjadi energi gerak. Makanan diubah menjadi sari-sari makanan yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi energi gerak.
- Jelaskan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas? Beberapa contoh perubahan energi lostrik menjadi energi panas misalnya pada setrika listrik, penanak nasi listrik, dan kompor listrik.
- Perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin? Pada saat menyalakan kipas angin terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
- Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak! Contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah saat kita berolah raga. Energi kimia dari bahan makanan digunakan untuk menggerakan anggota badan kita,
- Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi? Pada saat memainkan rebana terjadi perubahan energi gerak dari tangan menjadi energi bunyi pada rebana.
Ayo Mengamati
Tuhan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Karena kasih sayangnya kita semua dapat hidup. Energi adalah nikmat Tuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup. Semua orang berhak memanfaatkan energi yang sudah dianugerahkan-Nya.
Kita berhak menggunakan energi tersebut. Tapi kita juga memiliki kewajiban terhadap energi. Kita wajib menggunakan energi dengan bijak. Energi di dalam tubuh harus digunakan untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat
Contohnya seorang guru. Ia mengeluarkan energinya untuk mengajar. Ia curahkan tenaga agar murid-muridnya menjadi cerdas dan terampil. Guru berharap kelak murid-muridnya menjadi orang yang berguna.
Demikian juga seorang petani. Ia menggarap sawahnya dengan sekuat tenaga. Energinya digunakan untuk mencangkul dan menanam padi di sawah. Di bawah terik matahari yang menyengat dia tetap bekerja.
Petani berharap sawah yang digarapnya akan menghasilkan padi yang bagus. Banyak orang membutuhkan padi untuk kebutuhan hidup. Padi digiling menjadi beras. Beras dimasak lalu dimakan.
Menggunakan energi untuk hal yang berguna merupakan suatu kewajiban. Jangan menggunakan energi untuk hal yang tidak berguna. Misalnya tenaga seseorang yang kuat digunakan untuk berkelahi. Energi bunyi dari radio digunakan untuk mengganggu orang lain. Atau energi panas api digunakan untuk main petasan.
Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang menggunakan energi untuk hal yang tidak baik? Apa yang akan kamu lakukan terhadap orang tersebut
Tuliskan pendapatmu di bawah ini!
Energi yang kita miliki sebaiknya digunakan untuk kebaikan. Jika ada orang yang menggunakan energinya untuk hal-hal yang merugikan sebaiknya kita menasehatinya bahwa tindakan yang ia lakukan tidak baik dan merugikan orang lain.
Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka.
“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya.
“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti.
“Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?”
“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?”
“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.
“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.
“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo.
“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air”, tambah Udin.
“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.
“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”
“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.
“Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin
“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.
“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi
“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya teman-teman,” ujar Siti kepada teman-temannya.
Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan teman-temannya. Dari pembicaraan mereka kalian mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.
Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk.
Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang.
Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering?
Ayo Menari
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan temanteman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat.
Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Gerakan pertama
Gerakan kedua
Gerakan Ketiga
Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energi.
Ayo Berlatih
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah. Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Misalnya
1. Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah
05.30
05.00 -
00.30
Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.
2. Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah
Jadi,
17.60
07.30 -
10.30
Jadi, ayah bekerja selama 10 jam 30 menit.
Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.
Waktu | Kegiatan | Lamanya |
---|---|---|
05.00-05.30 | Mandi pagi, berpakaian, dan menyiapkan peralatan sekolah | 05.30 05.00 - 30 menit |
05.30-06.00 | Sarapan | 06.00 05.30 - 30 menit |
06.10-06.30 | Perjalanan ke sekolah | 06.30 06.10 - 20 menit |
06.30-06.55 | Sampai di sekolah bermain dengan teman | 06.55 06.30 - 25 menit |
07.00-12.30 | Belajar di sekolah | 12.30 07.00 - 05 jam 30 menit (330 menit) |
12.30-13.00 | Perjalanan pulang | 13.00 12.30 - 30 menit |
13.00-13.30 | Merapikan pakaian, ganti pakaian, dan makan siang | 13.30 13.00 - 30 menit |
13.30-15.30 | Istirahat siang | 15.30 13.30 - 02 jam 0 menit (120 menit) |
15.30-15.45 | Mandi sore | 15.45 15.30 - 15 menit |
15.45-16.00 | Berangkat ke tempat kursus musik | 16.00 15.45 - 15 menit |
16.00-17.30 | Kursus musik | 17.30 15.00 - 01 jam 30 menit (90 menit) |
17.30-17.45 | Perjalanan pulang ke rumah | 17.45 17.30 - 15 menit |
17.45-18.00 | Istirahat sambil nonton televisi | 18.00 17.45 - 15 menit |
18.00-20.30 | Mengulang pelajaran dan mengerjakan PR | 20.30 18.00 - 02 jam 30 menit (150 menit) |
20.30-05.00 | Tidur malam | 23.60 (pinjam 1 jam (60 menit) 20.30 - 03.30 05.00 + 08.30 (8 jam 30 menit atau 510 menit) |
LATIHAN
TULISLAH JADWAL KEGIATANMU MULAI DARI BANGUN TIDUR SAMPAI MAU TIDUR LAGI YAA, BUATLAH SEPERTI CONTOH DI ATAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar