PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas / Semester : 2 /2
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3 : Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran ke : 2
Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa.
Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku akan mempelajari tentang menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan memperhatikan aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mempraktikkan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan berdiskusi mengenai aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mengelompokkan aturan yang berlaku pada kegiatan di sekolah. Dengan bermain peran, siswa dapat menyimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di sekolah. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki teks huruf tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda titik dengan benar.
Lani dan teman-temannya bermain bersama ketika istirahat di sekolah. Nama permainan itu adalah Kupu-Kupu di Taman Bunga. Ayo, bermain bersama seperti Lani dan teman-temannya.
Perhatikan aturan mainnya.
Ayo Berdiskusi
Dalam setiap permainan, selalu ada peraturan permainan.
Mengapa harus ada peraturan?
Agar permainan dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan.
Apakah dalam keseharianmu kamu juga memiliki peraturan ketika bermain di sekolah?
Ya.
Peraturan Ketika Jam Istirahat di Sekolah
1. Dilarang keluar dari lingkungan sekolah, kecuali seizin bapak/ibu guru.
2. Setelah makan dan minum, sisa dan bungkus makanan harap buang sampah pada tempatnya.
3. Dilarang bermain bola (olah raga lapangan) di dalam kelas atau di ruangan lainnya.
4. Dilarang bermain sepeda di halaman sekolah.
5. Pastikan membersihkan alas kaki sebelum masuk ke dalam kelas.
Bacalah percakapan di bawah ini! Kemudian, coba lakukan percakapan sesuai peran pada teks.
Beni : Edo, hari ini kita mendapat jadwal piket kelas.
Edo : Benar, Beni. Itulah sebabnya, aku datang lebih pagi.
Beni : Siapa lagi yang piket hari ini?
Lani : Aku, Beni. Mari kita mulai membersihkan kelas. Aku menyapu lantai kelas.
Beni : Aku juga menyapu lantai kelas.
Edo : Aku merapikan rak buku.
Lani : Baiklah, mari kita mulai bekerja.
Bahasa Lampung
Kita jaga lingkungan alam sekitar.
Dengarkan lagu berikut ini dan pahami teks nya.
DIBI DI GUNUNG SEMINUNG
Lagu : Sarijo
Syair : H. Tarmizi Nawawi
Seminung dikala dibi
Cahyani kuning gegoh emas
Jelmani hampaghan mata
Tebingni nyejukko hati
Manuk manuk behambughan
Dija Dudi ghagom bepantun.
Ngerasako angin seminung
Ceghita Jak jaman saka
Segala Huma dijaman tumbai
Tanoh tumbuh tuwo Mak buhantagha
Seminung sikop dilingkughi way
Kaghunia Tuhan Maha Kuasa.
Arti kata:
Cahyani : Cahaya nya.
Tebingni : Tebing nya
Hampagha : hamparan.
Buhambughan : berhamburan
Ghagom: Ragam.
Ngeghasako: merasakan
Tuwoh : Tumbuh
Buhantagha: berjarak .
Sikop: cantik/indah
Dilingkoghi: di lingkari
Kaghunia: Karunia
Lingkungan alam sekitar kita harus tetap kita jaga dan dilestarikan agar alam sekitar kita tidak rusak dan musnah.
Lingkungan alam yang ada di Lampung diantaranya:
1. Taman Hutan kegha terdapat di Bandar Lampung
2. Taman way kambas terdapat di Lampung Timur.
3. Musium Lampung terdapat di Bandar Lampung
4. Taman hutan raya Wan Abdurrahman terdapat di pesawaran.
5. Bendungan wai rarem terdapat di Lampung Utara
6. Bendungan Batu Tegi terdapat di Tanggamus.
7. Taman nasional bukut barisan Selatan di Pesisir barat dan Lampung barat.
8. Musium transmisi terdapat di pesawaran
9. Pantai merak belatung terdapat dikalianda Lampung Selatan.
10. Danau Ranau terdapat diperbatasan Lampung barat dan Sumatra selatan
2. Zaki dan teman-temannya ingin bermain bola saat jam istirahat. mereka sebaiknya bermain di...
a. ruang kelasr
b. uang UKSh
c. halaman sekolah
3. Piket kelas dilakukan...
a. Sendirian
b. Bersama-sama
c. Malas-malasan
4. Berikut aturan mengikuti kegiatan belajar disekolah, adalah...
a. Menjaga ketenagan saat kegiatam belajar berlangsunge
b. Berdoa sebelum dan sesudah tidur
c. Menggati pot sesuai ukuran tanaman
5. Contoh perbuatan mencintai tumbuhan adalah ..
a. Menyiram tumbuhan secara teratur
b. Memetik bunga lalu membuangnya
c. membiarkan tumbuhan layu dan mati
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar